Test Psikologi

Penggunaan test psikologi untuk berbagai bidang sering dilakukan. Mulai kepetingan akademis, perusahaan, dan instansi. Merambahnya penggunaan test mengindikasikan masyarakat mulai sadar bahwa test psikologi begitu penting.

Di sekolah dahulu, siswa hanya dinilai dari sisi akademisnya saja. Tapi kini aspek psikologis sudah menjadi sarana penentu kelulusan siswa memauki sekolah yang baru. Bahkan tingkat anak TK sekali pun sekarang memakai dasar penilaian ini.

Psikologi disadari tidak hanya bertumpu tidak hanya teori semata tapi memiliki manfaat di bidang sosial maupun individu.kebutuhan test dianggap mampu menilai lebih akurat kemampun, bakat dan intelegensi seseorang.

Sebagai contoh, seseorang diterima atau akan diberikan jabatan tertentu dalam sebuah perusahaan, perusahaan akan terbatu dengan test ini. Banyak alat tes dijual di pasaran, tapi anda harus jeli dalam membelinya. Jangan sampai alat test psikologi  yang anda beli nanti belum teruji validitas dan reliabilitasnya.

Test-test psikologi yang biasa digunakan tester untuk melakukan tes adalah :
  • Test Wais. Test ini digunakan untuk mengetahui intelegensi seseorang di usia 16 - 74 tahun. Test ini mengungkap adanya penurunan perkembangan mental seseorang.
  • Test CFIT. Test ini hampir sama dengan test Wais yaitu untuk mengukur kecerdasan seseorang. Test ini juga untuk membedakan tingkatan intelegensi, program pendidikan sesuai karakter anak, dan hal-hal kepegawaian.
  • Test DAT (Differential Aptitude Test). Test ini mengukur dan mengetahui bakat seseorang.
  • Test Kuder. Test ini untuk mengetahui dan mengukur minat seseorang. Test ini benar-benar secara murni hanya mengukur minat seseorang  sehingga mengesampingkan faktor kognitif.
  •  Test EPPS. Test ini untuk mengukur kepribadian seseorang
  • Test 16PF. Test ini juga untuk mengukur kepribadian seseorang. Hanya saja test ini dibatasi pada usia 16 tahun ke atas.

Test psikologi bukan kebenaran mutlak. Hanya saja sangat membantu untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan seseorang. 

Share this :

Previous
Next Post »