Klasifikasi Tes Psikologi

  1. Klasifikasi Tes Psikologis
Tes psikologi sangat banyak macamnya sehingga untuk mendapatkan orientasi yang baik mengenai tes perlu dilakukan klasifikasi. Untuk membuat klasifikasi tes hendaklah ditinjau dari beberapa segi.
  1. Bila ditinjau dari banyaknya orang yang dites,dibedakan atas:
    1. Tes individual adalah jenis tes yang hanya dapat melayani untuk seseorang individu saja dalam satu waktu.contohnya test WISC dan WAIS
    2. Tes kelompok adalah tes yang dapat melayani sekelompok testi dalam suatu waktu. Tes kelompok ini lebih ekonomis jika dibandingkan dengan tes individual sebab dalam waktu singkatdapat diperoleh banyak individu yang dites contonya adalah ulangan-ulangan yang diberikan oleh guru,tes standar progresif matriks dan sebagainya.
    3. Bila ditinjau dari segi waktu yang disediakan dibedakan atas:
      1. Tes kecepatan(speed test) yaitu tes yang mengutamakan kecepatan waktu dalam mengerjakan tes atau waktu untuk mengerjakan tes sangat terbatas. Contoh jenis tes ini arithemitical reasoning,tes klerikal dan sebagainya.
      2. Tes kemampuan(power test) yaitu jenis tes yang dimaksudkan untuk mengetahui sampai dimana kemampuan seseoarng dalam mengerjakan tes. Soal waktu tidak dituntut terlalu ketat. Contoh jenis tes ini general comprehension test,tes SPM dan sebagainya.
    4. Bila ditinjau dari segi materi tes dibedakan atas
      1. Tes verbal adalah tes yang menggunakan bahasa (baik lisan mauapun tulisan). Karena itu orang yang dites harus bias membaca dan menulis.
      2. Tes non verbal adalah tes yang item-itemnya tidak terdiri dari bahasa,tetapi terdiri dari bahasa tetapi terdiri dari gambar-gambar,garis-garis dan sebagainya. Contoh jenis tes ini adalah tes CFIT.Tes SPM,tes Army Beta dan sebagainya
    5. Bila ditinjau dari segi aspek manusia yang dites dibedakan atas:
      1. Tes psikis adalah tes untuk mengetahui keadaan fisik testi contohnya: tes erobik
      2. Tes psikis adalah tes untuk mengetahui keadaan atau kemampuan mental testi contoh tes intelegensi,tes bakat dan sebagainya.
    6. Bila ditinjau dari segi aspek mental yang dites dibedakan atas:
      1. Tes kepribadian seperti tes Rorschah, wartegg dan sebagainya
      2. Tes intelegensi
      3. Tes bakat
      4. Tes prestasi belajar
    7. Bila ditinjau dari segi penciptanya
      1. Tes rorschah
      2. Tes biriet-simon
      3. Tes Wechsler
      4. Tes kraeppelin
SOFTWARE SKORING PSIKOTES. KLIK DISINI

Wahyu
Whatsapp 08563152632
Telepone 081328998215
Pin BB 57A79EC8

Share this :

Previous
Next Post »