Temukan Bakat Terpendam Karyawan Anda

Software Psikotes - Dalam perekonomian yang labil seperti sekarang ini, menemukan bakat terpendam untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang sedang berkembang tidaklah selalu mudah. Dan kadang, Anda memang tidak perlu mencari terlalu jauh mencari bakat semacam itu. Alih-alih mencoba mencari di lingkungan luar perusahaan, cobalah untuk mengamati orang-orang yang sudah bekerja di lingkungan perusahaan Anda sendiri. Mungkin Anda akan bisa menemukan banyak bakat 'tersembunyi', yang sebenarnya sudah ada tetapi selama ini Anda abaikan karena Anda tidak sungguh-sungguh memperhatikannya. 

1. Ubahlah pujian menjadi sebuah wawancara: Saat memberikan selamat pada seorang karyawan setelah menyelesaikan sebuah proyek dengan sukses, tanyakan padanya dengan serius hal yang membantunya untuk berhasil. Dengan memahami secara lebih baik proses yang harus dilalui sang karyawan berbakat ini, Anda mungkin akan menemukan kelebihan lain yang belum sepenuhnya tergali darinya.
2. Tanyakan mengapa para pegawai lebih memilih pekerjaan atau proyek tertentu: Preferensi seperti ini bisa memberikan semacam gambaran terhadap bakat terpendam seseorang. Seorang pegawai mungkin lebih menikmati sebuah proyek karena bisa terlibat dalam sebuah produk yang ia sukai atau karena ia memberikan peluang untuk menyusun sebuah survei. Mengetahui hal-hal detil seperti ini akan memberikan Anda pemahaman lebih baik mengenai bakatnya yang terabaikan.
3. Tanyakan mengenai impiannya: Tanyakan pada pegawai tersebut hal yang ia akan lakukan jika ia punya kesempatan untuk memulai karirnya dari awal lagi. Impiannya sering menunjukkan aspek-aspek pribadi yang tidak biasanya dibagikan pada orang lain.

Sumber : Ciputra

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar